Hal-hal yang harus saya lakukan di semester 4 ini.


Dalam perjalanan hidup, saya harus punya konsep yang Nyata dan terarah, khususnya dalam menentukan arah masa depan saya sendiri. karena bila saya memahami arahnya, maka keyakinan akan menjadi kuat untuk mewujudkan cita-cita ke masa yang akan datang.

KONSEP DI SEMESTER 4 INI. !!
1.    1.    Ikut Perlombaan Mewakili Kampus : nah yang ini saya pengen dan niat banget karena pas semester 1 belum ada kesempatan untuk ikut-ikut perlombaan, semester 2 dan 3 kemaren baru bisa menjadi Delegasi pertemuan Bem Fisip Se-Sumatera di Unsri Palembang dan mendapat juara 2 solo song(religi song) sumbagsel di kick MGC pertanian unib, nah semester 4 ini semoga ada kesempatan saya buat ikut lomba mewakilin kampus (UNIB). manfaat :  nambah pengalaman di ajang perlombaan tingkat nasional, mengevaluasi kemampuan diri dibanding mahasiswa univ. lain, melatih mental berkompetisi, dapet banyak kenalan baru, bisa mengharumkan S1 Jurnalistik (Aamiin). bisa dimasukin ke CV siapa tau bisa jadi nilai tambah waktu apply job nanti, dan yang paling utama saya bisa dapat ilmu-ilmu baru dari perlomabaan jadi makin termotivasi untuk belajar lagi. :)
2.      Aktif ikut Seminar, Field Trip, Workshop dsb : saya kepingin aktif ikut seminar-seminar dari yang skala kampus  sampai skala nasional dan Internasional, field trip, workshop dll. yang manfaatnya jauh lebih mahal dari pada harga pendaftaran kegiatan-kegiatan tersebut, dengan ikut kegiatan-kegiatan kaya seperti itu saya bisa tambah pengetahuan, kenalan, dan pastinya bakal nambah kompetensi saya, tidak bakalan rugi lah ngeluarin uang buat hal-hal seperti ini, ini juga sebagai investasi jangka panjang, so, saya harus bisa manfaatin selagi masih berstatus mahasiswa dan mengikuti sebanyak-banyaknya kegiatan seperti ini.
3.      Menjadi orang yang bermanfaat bagi Organisasi yang saya ikuti: belakangan ini saya hanya bisa mengamati konsep-konsep organisasi mana yang baik, dan mana yang buruk. Dan semoga di semester ini konsep-konsep yang menurut saya baik dengan perlahan-lahan akan saya terapkan agar terciptanya sesuatu sistem yang sebelumnya sedikit kurang baik menjadi sedikit lebih baik.
4.   Memperkuat Kemampuan Bahasa Inggris : nah ini mutlak yang harus saya lakukan di semester ini, dalam hal ini yang bisa dilakukan antara lain ikut pelatihan dan tes toefl dan semacamnya, juga di akhir semester saya berencana untuk mengambil kursus bulanan. Slogan saya : “Wajib berbahasa Indonesia, pertahankan bahasa daerah dan perlajari bahasa Asing”
5.      IP Semester ini Minimal 3,80   : memang benar nilai IP yang tinggi tidak menjamin seseorang pintar dalam segala hal, tetapi sebagai mahasiswa apabila saya mendapat kan Ip yang rendah maka saya akan terkena sanksi sosial dari mahasiswa lainnya, orang lain akan langsung menilai bahwa saya bukan lah apa-apa. Maka dari itu saya harus pastikan diri saya harus mampu berprestasi di bidang Akademik untuk mengimbangi aktif nya saya di Non-Akademik.

 TEKNIS MEWUJUDKAN KONSEP. !!
1.      Ikut perlombaan mewakili Kampus :
A.    Harus berani mencoba dan mendaftarkan diri serta menghilangkan rasa pesimis untuk mendaftarkan diri ikut dalam event-event lomba yang sesuai dengan kemampuan saya.
2.      Aktif ikut Seminar, Field Trip, Workshop dsb :
A.    Jika ada pendaftaraan nya maka saya wajib mendaftar, kalau nggak ada uang pinjem uang teman dulu. Pengalaman itu juga Ilmu.
3.      Menjadi orang yang bermanfaat bagi Organisasi yang saya ikuti :
A.    Aktif mengikuti rapat rutin.
B.     Menjadi orang penting dalam sebuah sistem.
C.     Selalu mengeluarkan pendapat jika ada sistem yang kurang tepat.
D.    Memberikan ide-ide baru yang berguna bagi organisasi.
4.      Memperkuat Kemampuan Bahasa Inggris :
A.    Memperbanyak teman yang bisa berbahasa Inggris
B.     Meberanikan diri untuk berbicara berbahasa inggris kepada orang setiap hari.
C.     Mengikuti les bahasa inggris.
5.      IP Semester ini Minimal 3,80 :
A.    Tidak pernah absen kuliah
B.     Tidak bertele tele dalam mengerjakan tugas dan mengumpulkan tugas tepat waktu
C.     Belajar materi perkuliahan sebelum masuk jam perkuliahan.
D.    Aktif belajar di dalam kelas selama proses jam perkuliahan.
E.  Berani bertanya kepada dosen tentang hal-hal yang belum saya ketahui dan berani menjawab pertanyaan dosen jika di berikan pertanyaan.


Kesalahan saya dari sebelum-sebelumnya adalah disaat saya mengkonsepkan sesuatu tentang apa yang akan saya lakukan kedepannya tapi saya lupa/tidak mebuat teknis nya seperti apa. Karena belajar dari pengalaman sebelumnya, maka saat ini saya membuat konsep beserta teknis nya agar apa yang saya harapkan sesuai dengan apa yang saya inginkan. Kalau hanya berdoa tanpa usaha maka akan sia-sia, begitupun juga sebaliknya, berusaha tanpa berdoa akan juga terjadi hal yang sama. Maka dari itu dengan memulai Bismillah, berusaha dan dipasrahkan dengan Doa.




                                                                                                   Salam kenal

                                                                                                   Ferry Sandria

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

komentar
January 29, 2016 at 7:46 PM delete

sepertinya saya juga harus memulai menggabungkan sebuah konsep dan teknis dengan suatu tujuan saya juga,,, terimakasih abang ferry sudah membuat saya sadar bahwa dengan tujuan saya yang seblumnya hanya sia-sia dan tidak tercapai secara maksimal,mungkin karena hal berikut yang disampaikan abang, he,,,

Reply
avatar
January 29, 2016 at 8:03 PM delete

Semangat y brader,, saya mendukungmu,, (y)

Reply
avatar
January 29, 2016 at 8:11 PM delete

alhamdulillah, semangat buat kita ya kk miftah

Reply
avatar